Saturday, September 5, 2009

Qur'an penuh kebaikan?

by wongBanyumas » Sat Aug 22, 2009 10:02 pm

Banyak muslim yang menganggap bahwa perbuatan terror(misalnya saja pengeboman oleh komplotan Noordin M. Top) yang dilakukan jihadis-jihadis islam tidak berlandaskan ajaran islam yang sebenarnya, tetapi lebih karena kesalahan dalam menafsirkan Quran.

Sementara itu, tdk bisa dipungkiri jika dalam Al Qur’an, setidaknya terdapat ayat-ayat demikian:

9:123 Hai orang-orang yang beriman, perangilah orang-orang kafir yang di sekitar kamu itu, dan hendaklah mereka menemui kekerasan daripadamu

8:12 Kelak akan Aku jatuhkan rasa ketakutan ke dalam hati orang-orang kafir, maka penggallah kepala mereka dan pancunglah tiap-tiap ujung jari mereka

2:191 Dan bunuhlah mereka di mana saja kamu jumpai mereka, dan usirlah mereka dari tempat mereka telah mengusir kamu

9:5 bunuhlah orang-orang musyrikin itu di mana saja kamu jumpai mereka

9:5 bunuhlah orang-orang musyrikin itu di mana saja kamu jumpai mereka

9:14 Perangilah mereka, niscaya Allah akan menyiksa mereka dengan (perantaraan) tangan-tanganmu dan Allah akan menghinakan mereka dan menolong kamu terhadap mereka, serta melegakan hati orang-orang yang beriman

9:29 Perangilah orang-orang yang tidak beriman kepada Allah dan tidak (pula) kepada hari kemudian dan mereka tidak mengharamkan apa yang telah diharamkan oleh Allah dan Rasul-Nya dan tidak beragama dengan agama yang benar (agama Allah), (yaitu orang-orang) yang diberikan Al Kitab kepada mereka, sampai mereka membayar jizyah dengan patuh sedang mereka dalam keadaan tunduk.

8:65, Hai Nabi, kobarkanlah semangat para mukmin itu untuk berperang. Jika ada dua puluh orang yang sabar di antara kamu, niscaya mereka dapat mengalahkan dua ratus orang musuh. Dan jika ada seratus orang (yang sabar) di antaramu, mereka dapat mengalahkan seribu daripada orang-orang kafir

3:28 Janganlah orang-orang mukmin mengambil orang-orang kafir menjadi teman atau penolong dengan meninggalkan orang-orang mukmin. Barang siapa berbuat demikian, niscaya lepaslah ia dari pertolongan Allah kecuali karena (siasat) memelihara diri dari sesuatu yang ditakuti dari mereka. Dan Allah memperingatkan kamu terhadap diri (siksa) Nya. Dan hanya kepada Allah kembali (mu).

8:60 Dan siapkanlah untuk menghadapi mereka kekuatan apa saja yang kamu
sanggupi dan dari kuda-kuda yang ditambat untuk berperang (yang dengan persiapan
itu) kamu menggentarkan musuh Allah, musuhmu

Sebenarnya masih ada lagi, bukan jumlah yg sedikit bukan? Jelas, ini bukan masalah orangnya, tetapi ajarannya(Quran). Tidak ada makna lain dari ayat-ayat diatas kecuali: terror kepada kafir.

Tetapi tidak apa,
saya rela memisalkan memang orangnya yang salah memaknai ajaran-ajaran Quran. Hal ini berarti: terdapat ajaran/ayat-ayat yang telah salah dimaknai.

Kesimpulannya:

Quran mudah sekali disalahpahami sebagai untuk menyerang kafir(perbandingannya tentu dengan penyerangan atas nama agama lain)

Atau

Quran memang ajaran yang penuh kebencian(menurut saya ini lebih tepat berdasar ayat2 diatas)

efeknya: menanamkan rasa benci terhadap kafir dan konsekuensinya dapat mengakakibatkan pemeluknya melakukan aksi terror.


Di lain pihak
Jujur, saya akui ada juga ajaran2 baik dalam islam(tetapi biasanya tertutup untuk sesame muslim :rolleyes: ), contohnya: Zakat, salam, sodaqoh, dll.
Ada juga sebagian orang yang menganggap Qur’an penuh dengan keajaiban2 sains dan aturan2 dalam berkehidupan, misalnya saja pembagian waris.

Namun demikian, saya menilai ajaran2 baik dalam Qur’an adalah sesuatu yang kita semua bisa mendapatkannya tanpa islam, cukup dengan membaca diri dan kecenderungan manusia.
Tidak ada yg ajaib.
Bahkan beberapa ajaran hanya meniru ajaran kaum terdahulunya(ex:puasa,sholat).

Untuk sains juga demikian, dalam Quran tidak dijelaskan secara gamblang atau detil. Bahkan menurut saya terlalu dipaksakan agar ‘nyambung’. Dan lagi saya tidak pernah mendengar jika ada suatu penemuan sains yang terinspirasi dari Qur’an. Sekalipun ada, saya yakin jumlahnya kalah jauh dengan penemuan2 hebat oleh kafir yang tanpa inspirasi Qur’an.

Justru yang saya tahu biasanya adalah penemuan sains yang oleh para muslim langsung dihubung2kan dengan salah satu/beberapa ayat Quran. Padahal ayat2nya hanya berhubungan sedikit saja bahkan kabur atau ga nyambung. Masalah aturan kehidupan? Saya pikir aturan waris, aturan nikah dll manusia bisa membuatnya sendiri dengan lebih gamblang dan detil.

Ada juga yang mengatakan bahasanya indah? :shock: Hehe.. hal ini tentu saja sangat subjektif, indah buat seseorang, belum tentu indah buat orang lainnya. Sebagai Kitab sebuah agama penting mana indah indah atau ajaran yang dibawa??


Jadi, apa si ajaibnya Quran??
Qur'an penuh kebaikan??

Anda bisa menilai sendiri...

Ada lagi ayat2 seperti ini:
[2:15] Allah akan (membalas) olok-olokan mereka dan membiarkan mereka terombang-ambing dalam kesesatan mereka.
[2:16] Mereka itulah orang yang membeli kesesatan dengan petunjuk, maka tidaklah beruntung perniagaan mereka dan tidaklah mereka mendapat petunjuk.
[2:17] Perumpamaan mereka adalah seperti orang yang menyalakan api, maka setelah api itu menerangi sekelilingnya Allah hilangkan cahaya (yang menyinari) mereka, dan membiarkan mereka dalam kegelapan, tidak dapat melihat.
[2:18] Mereka tuli, bisu dan buta, maka tidaklah mereka akan kembali (ke jalan yang benar),
[2:19] atau seperti (orang-orang yang ditimpa) hujan lebat dari langit disertai gelap gulita, guruh dan kilat; mereka menyumbat telinganya dengan anak jarinya, karena (mendengar suara) petir,sebab takut akan mati. Dan Allah meliputi orang-orang yang kafir
[2:20] Hampir-hampir kilat itu menyambar penglihatan mereka. Setiap kali kilat itu menyinari mereka, mereka berjalan di bawah sinar itu, dan bila gelap menimpa mereka, mereka berhenti. Jikalau Allah menghendaki, niscaya Dia melenyapkan pendengaran dan penglihatan mereka. Sesungguhnya Allah berkuasa atas segala sesuatu.

Ayat2 yang lebih pantas disebut sebagai dendam atau khayalan anak kecil yang tidak bisa mengalahkan musuhnya.

Saya pikir, lebih pantas untuk membuang Quran. Tapi begitu banyak yg masih ter'bius' dengannya. Jadi, kegunaan Quran hanya untuk menjelaskan ketololan2nya kepada mereka.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...